Dr Dodik Siswantoro, SE Ak CA MSc ACC

About Me
Pandangan Publik

Comments

dodik.siswantoro's picture

DODIK SISWANTORO

Dodik Siswantoro adalah dosen tetap akuntansi yang berstatus ASN di Universitas Indonesia sejak 2008. Sebelumnya bekerja di dunia investasi sebagai Manajer investasi di asuransi dan sekuritas besar di Indonesia. Cukup banyak aktivitas yang telah dilakukan selama menjadi dosen di Universitas tercinta tersebut. Secara ringkas  dibagi dalam Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu:

1. Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, Dodik banyak mengajar di bidang akuntansi sektor publik, organisasi nirlaba dan syariah. Sudah puluhan mahasiswa didampingi dalam hal mitra entrepreneurship, dalam hal ini dilatih analisis investasi, dan laporan keuangannya. Mahasiswa kemudian diminta untuk mengupload kegiatannya tersebut ke Youtube sehingga masyarakat bisa mengetahui bagaimana bermitra kerjasama dengan benar dan laporannya.

https://ibb.co/3N6XyV8

Gambar 1. Beberapa tampilan video kegiatan tugas mitra entrepreneurship

 

Di samping itu banyak juga bimbingan karya akhir mahasiswanya yang publikasi di jurnal bereputasi, book chapter terindeks Scopus dan proceedings seminar terkemuka lainnya. Inti dari ini adalah agar ilmu yang kita miliki harus disebar seluas mungkin agar berguna dan bermanfaat bagi yang lain.

2. Penelitian

Dalam penelitian, Dodik Siswantoro sudah mempublikasikan 153 baik dalam buku, book chapter, makalah, dan proceeding dengan H indeks 13 dengan sitasi setahun sudah di atas 100. Untuk Scopus sendiri sudah 18 artikel ditulis dengan H indeks 3 (lihat gambar 2). Ia juga mempunyai HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) berupa hak cipta sebanyak 5 buah. Berikut link profil yang bisa diakses:

http://staff.ui.ac.id/dodik.siswantoro

http://ui.academia.edu/dodiksiswantoro

https://www.researchgate.net/profile/Dodik_Siswantoro

https://orcid.org/0000-0003-1380-3542

http://www.researcherid.com/rid/S-1690-2016

https://www.mendeley.com/profiles/dodik-siswantoro/

https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=56668704600

https://growkudos.com/profiles/59087

https://academic.microsoft.com/#/detail/2290632691

https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=258010&view=overview

https://ibb.co/tQfL5PB

Gambar 2. Profil di Google Scholar dan Scopus

Adapun riset penelitiannya adalah akuntansi sektor publik, nirlaba, green sukuk dan perubahan iklim (climate change) dan smart city. Seiring dengan perkembangan zaman maka cakupan penelitian ke depan bersifat blended (bukan lagi multi disiplin) dengan disiplin ilmu lainnya.

 

3. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

Dodik Siswantoro sudah menerima 3 hibah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Dikti. Ini berupa edukasi dan pendampingan kepada lembaga di masyarakat untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitasnya, lembaga yang ikut serta adalah Koperasi Syariah se Depok, Lembaga Amil Zakat dan BAZNAS se Depok dan Lembaga Wakaf se Depok (lihat gambar 3).

https://ibb.co/PNhPRLq

Gambar 3. Kegiatan Pengabdian untuk Masyarakat (PkM)

 

Selain kegiatan, Dodik juga aktif kegiatan di masyarakat seperti menjadi sekretaris RT, bendahara Yayasan, pegiat awal pilah sampah dan kegiatan sosial lainnya.

https://ibb.co/3kDs9VS

Gambar 4. Ikut serta aktif dalam kegitan masyarakat (pilah sampah, panitia pemilu umum -sekretaris RT, kegiatan santunan masyarakat)

 

MOTIVASI CALON DEKAN

1. Tri Dharma Perguruan Tinggi

Calon dekan menganggap Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan hal yang harus dijunjung tinggi sehinggaal ini perlu dijaga dan ditingkatkan ke depan. Dalam hal ini, peningkatan dan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi harus dilaksanakan dengan baik dan benar, seperti termaktub dalam UU No. 12/2012 tentang Perguruan Tinggi.

2. Kompetensi dan kualifikasi di organisasi nirlaba dan Sektor Publik

Calon dekan memiliki kompetensi dan kualifikasi di organisasi nirlaba dan sektor publik yang sangat relevan dengan dunia kampus. Sudah beberapa tahun berkecimpung dalam organisasi nirlaba dan sektor publik baik sebagai pengajar maupun peneliti dan konsultan. Di samping itu, calon dekan merupakan lulusan S3 dalam administrasi publik yang sesuai dengan bidang kampus. Beberapa kasus administrasi bidang publik memiliki beberapa solusi tepat dalam pemecahan masalahnya.

Calon dekan juga aktif dalam social entrepreneurship yang sesuai dengan dunia kampus yang memerlukan pengembangan dan tata kelola yang lebih baik. Kampus memerlukan manajemen yang tepat, baik dan andal. Dalam hal ini calon dekan memiliki tekad untuk mengkontribusikan keilmuannya untuk pengembangan fakultas.

3. Pengalaman praktisi

Calon dekan juga memiliki pengalaman praktisi di dunia investasi dan keuangan. Dalam hal ini, pengalaman ini akan membantu dalam pengelolaan fakultas yang memerlukan pengelolaan keuangan yang lebih baik dan hati-hati. Ini merupakan kontribusi yang bisa diberikan untuk pengembangan kampus.

4. Pengalaman di administrasi fakultas

Calon dekan sejak tahun 2008 merupakan staf dosen di Program Studi, yang sudah sejak lama membantu pengembangan seperti Kerjasama Double Degree, aliansi dengan pemerintah, Kerjasama dengan beberapa kampus di luar negeri, termasuk juga dalam masalah akreditasi. Di 3 tahun terakhir ini, membantu dalam pengembangan SDM di Departemen Akuntansi FEB untuk proses publikasi, pengurusan jabatan fungsional dan lainnya. SDM merupakan hal besar yang harus dikembangkan agar fakultas bisa lebih baik ke depannya.