Prof. Dr.-Ing Nandy Setiadi Djaya Putra

About Me
Pandangan Publik

Comments

nandy.putra's picture

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahterah dan Salam Sehat bagi kita semua.

Perkenalkan nama saya Nandy Putra, umur 51 tahun, Lulus S1 dari Teknik Mesin UI tahun 1994 dan menamatkan Pendidikan Doktor di Jerman tepatnya di Universitaet der Bundeswerh Hamburg tahun 2002 dengan beasiswa dari DAAD Jerman. Saya sudah menikah dengan istri  yang berprofesi sebagai dokter lulusan FKUI, spesialisasi Farmakologi Klinik dari FKUI juga, kami dikaruniai 4 anak perempuan dimana ada yang sudah menyelesaikan studi dan ada yang sedang mengenyam pendidikan di UI, jadi “We are the Yellow Jacket Family”.

Saya diangkat menjadi Guru Besar tetap FTUI ketika saya berusia belum genap 39 tahun di bidang Perpindahan Kalor. Mengajar di bidang Perpindahan Kalor dan banyak melakukan penelitian mengenai Nano fluida, Thermoelectric, Heat Pipe, Phase Change Material dan Thermal Manajemen. Beberapa paten juga sudah dihasilkan dari penelitian yang dilakukan antara lain vaksin boks, alat cryosurgery, pipa kalor untuk system pendinginan. Telah meluluskan 11 Doktor dan telah membimbing lebih dari 100 mahasiswa S1 dan S2, selain daripada itu banyak hasil riset dipublikasikan di Jurnal-jurnal Internasional Q1, saat ini H indeks saya 20, mungkin ini yang tertinggi di FTUI. Info mengenai publikasi dapat di lihat di laman scopus.com atau di scholar.google.com

Pengalaman manajerial yang dimiliki mulai menjadi Sekretaris Departemen, Manajer di Fakultas, Direktur dan Kepala Badan di tingkat universitas dan terakhir sebagai Wakil Dekan bidang 2 FTUI merupakan suatu kesempatan tersendiri untuk melatih kemampuan manjemen dalam suatu institusi pendidikan. Tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang Teknik Sipil atau arsitektur namun sempat dan mampu menjadi team leader penyelesaian beberapa pembangunan utama di UI dan FTUI antara lain, pembangunan integrated faculty, Gedung Makara Art Center Pusgiwa baru UI dan juga membantu pembangunan RSUI, serta yang terakhir pembangunan Lab Terintegrasi di FTUI yakni  I-CELL FTUI.

Apabila ditanya apa motivasinya untuk mencalonkan diri menjadi Dekan FTUI periode 2022-2026, bahwa pengalama 4 tahun terakhir sebagai bagian manajemen FTUI untuk mengembangkan dan memajukan FTUI sudah terlihat hasil perkembangan dan kemajuannya serta menjadi modal tersendiri untuk melaju lebih cepat lagi. Selain daripada itu terdapat  dukungan dan saran dari dosen-dosen dan alumni khususnya dari Teknik Mesin UI bahwa program-program yang ada perlu dilanjutkan dan dikembangkan lebih hebat lagi, sehingga saya memberanikan diri untuk menjadi Dekan FTUI 2022-2026 dengan visi  FTUI kebanggaan bangsa, inklusif, kreatif, inovatif dan unggul di Asia-Tenggara, dengan mengusung motto G R E A T E R”  FTUI.