Dr Ilham Prisgunanto, SS, M.Si

About Me
Pandangan Publik

Comments

prisgunanto@gmail.com's picture

Dr. Ilham Prisgunanto, SS, M.Si adalah dosen STIK PTIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian) Lemdik Polri sejak 2003 mengajar baik untuk program sarjana dan pascasarjana, kekhususan pada bidang Komunikasi Sosial dan Manajemen Media, penulisan ilmiah dan statistik kepolisian. Ilham adalah lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan FSUI tahun 1998 dan juga lulusan Magister Ilmu Komunikasi FISIP UI tahun 2003 dan lulusan program Doktoral Ilmu Komunikasi FIKOM Universitas Padjajaran tahun 2011.

Sudah 9 buku yang ditulis oleh Ilham dan menjadi buku rujukan pada pendidikan komunikasi. Hasil penelitian yang spektakuler dan dimuat di jurnal Internasional adalah tentang "Social Media and Visit Decision" dimuat dalam Jurnal Komunikasi Universitas Kebangsaan Malaysia (https://ejournal.ukm.my/mjc/article/view/38601). Ilham begitu produktif dalam menyebarkan keilmuan dan berusaha menyatukan konsep tentang prestasi, bakat dan kepemimpinan yang kuat. Baginya hidup itu harus bermanfaat untuk orang lain dan berkarya dan terus berkarya. Kemampuan manajerial seorang Ilham sedemikian terlihat dari pengalamannya dalam memimpin di beberapa media seperti ; Surat Kabar Radar Depok, Portal Informasi Indonesia@rt.net dan Sekretaris Program Studi Program Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur. Kepemimpinannya tidak diragukan lagi dalam upaya memberikan demokratisasi dan transparansi kerja dan birokrasi yang kompeten, profesional dan menjunjung tinggi Budaya sesungguhnya.

1. Komunikator Dalam Teoritik dan Praktik

Kemampuan komunikasi Ilham tidak bisa diragukan lagi dengan banyaknya buku kajian tentang komunikasi di berbagai sisi dan bisa memadukan antara praktik dan teoritik memang bidang yang disenanginya. Bukunya sudah bertebara dimana-mana dan dijadikan rujukan orang dalam mengkaji komunikasi dan bidang budaya.

2. Menjunjung Tinggi Kerjasama dan Kesetaraan

Kesetaraan yang tinggi dan kerjasama adalah kedua hal yang dipentingkan Ilham dan ini dijadikan pedoman dalam menjalankan manajerial dengan membukanya sekat/ruang yang menjadi kendala dalam menjalankan sebuah organisasi. Pengutamaan profesionalisme dan kompetensi diri orang yang diperlukan sebagai indikator bukan pada birokrasi panjang yang menghambat. Semua terlihat ketika Ilham memimpin Manajemen Media surat kabar Radar Depok dan beberapa media cetak dan elektronik.

3. Demokratisasi dan Transparansi

Demokratisasi dan transparansi perlu ditegakkan dalam keperluan memberikan hak orang dan menjaga keadilan. Ketika Ilham menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, dalam model pendidikan yang berdasarkan pada kekinian dalam ilmu. Cara memimpin yang memadukan antara keterbukaan dan keadilan perlu ditegakkan dalam upaya mencapai visi organisasi dan yang utama kesejahteraan.