Dr. Rokhmatuloh, S.Si., M.Eng

About Me
Pandangan Publik

Comments

rokhmatuloh.ssi's picture

Lahir di Tangerang 4 Januari 1971, lulus S1 dari Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) pada tahun 1996. Setelah lulus pada tahun 1997, karier akademik diawali sebagai dosen muda (pengajar) di departemen Geografi FMIPA UI pada Bidang Peminatan Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan Interpretasi Foto Udara (Air Photo Interpretation). Setelah enam tahun berkarir, saya mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi ke program master (S2) dan doktor (S3) di Center for Environmental Remote Sensing (CEReS), Chiba University, Jepang yang didukung dengan beasiswa dari Monbusho/Monbukagakusho, Jepang untuk Bidang Remote Sensing dan selesai pada tahun 2004 untuk program master serta tahun 2007 untuk program doktor.. Selama masa studi magister, saya pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Pelajar Indonesia, Chiba, Japan tahun 2004-2005 dan aktif mengikuti beberapa konferensi lokal dan internasional. Minat penelitian yang saya geluti mencakup radar speckle noise filtering, percent tree cover, global land cover mapping, dan ground truth data selection.

Karier jabatan stuktural diawali pada tahun 2009 sebagai Sekretaris Departemen Geografi FMIPA UI untuk periode tahun 2009-2010. Pada periode tahun 2010-2012 mendapat penugasan sebagai Dosen Inti Penelitian FMIPA UI. Kemudian pada tahun 2014 diangkat sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FMIPA UI periode tahun 2014-2018, dan pada tahun 2019 untuk keduakalinya diangkat kembali sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FMIPA UI periode tahun 2018-2022. Sebelum menyelesaikan tugas sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrai Umum FMIPA UI di pertengahan periode kedua terjadi perubahan struktur kepemimpinan di FMIPA UI dimana Dekan FMIPA UI pada periode tersebut diangkat sebagai Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi di Universitas Indonesia dan pada awal tahun 2020 ditetapkan sebagai Pejabat Dekan FMIPA UI periode tahun 2020-2022. 

Di dalam kesibukan sebagai pimpinan fakultas dan dosen di Departemen Geografi FMIPA UI, beberapa penelitian dan kegiatan ilmiah tetap saya lakukan. Selain itu pengalaman aktivitas di dalam berorganisasi profesi adalah sebagai anggota MIPANet, anggota Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN), dan anggota Ikatan Geograf Indonesia(IGI), dan atas partsisipasi serta dedikasi di dalam keanggotaan tersebut saya pernah mendapatkan “Apresiasi ilmiah dosen FMIPA sebagai Dosen terbaik geografi UI, 2007. Dosen berprestasi Geografi Tingkat 1, FMIPA UI, 2008. Penulis Artikel di Jurnal Internasional, DRPM UI, 2011”. Beberapa kali menjadi Ketua Panitia Seminar Internasional seperti International Climate Change Workshop tahun 2010. Kegiatan lain yang memiliki implikasi berskala nasional adalah Kegiatan Tahunan Olimpiade Nasional bagi Mahasiswa Seluruh Indonesia. Cikal bakal kegiatan OSN ini telah memperkuat kerjasama dengan PT Pertamina sehingga FMIPA UI memperoleh bantuan pembangunan gedung 8 Lantai - Laboratorium Multidisiplin Pertamina – FMIPA UI, dimana saya dipercaya sebagai Ketua Pelaksana Pembangunan.