Shuri Mariasih Gietty Tambunan, M.Hum., M.A., PhD.

About Me
Pandangan Publik

Comments

shuri.mariasih's picture

Shuri Mariasih Gietty Tambunan, PhD. adalah dosen di Program Studi Inggris, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia sejak tahun 2007. Selain mengajar di Prodi S1 Inggris FIB UI, Gietty juga mengajar di program pascasarjana Ilmu Susastra, Peminatan Cultural Studies. Di tahun 2013, Gietty menyelesaikan studi doktoralnya di Departement of Cultural Studies, Lingnan University, HongKong setelah sebelumnya memperoleh gelar Master of Arts di University of Groningen, Belanda, pada tahun 2010 dan Magister Humaniora di FIB UI pada tahun 2007 dalam bidang Cultural Studies. Sebagai peneliti, Gietty sudah menghasilkan sejumlah luaran penelitian baik dalam bentuk artikel di jurnal maupun buku yang sudah dipublikasikan secara nasional dan internasional (https://bit.ly/CVGietty).

Saat ini, Gietty menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FIB UI. Sebelum menjadi Wakil Dekan, Gietty mendapatkan kepercayaan menjadi Ketua Program Studi Inggris, FIB UI, dari tahun 2014 sampai 2020. Selain sebagai akademisi di FIB UI, Gietty adalah anggota Komite Film, Dewan Kesenian Jakarta, periode 2020-2023. Pengalamannya dalam administrasi dan manajemen program studi maupun fakultas sangat intensif di bidang penyelenggaraan dan pengembangan akademik, kemahasiswaan, penelitian, publikasi, pengabdian masyarakat, penjaminan mutu dan kerja sama internasional. Dalam program-program yang sudah dijalankan, luaran yang dicapai merepresentasikan kemampuan dalam berbagai aspek: 

Team-Player dengan Semangat Kolegialitas Lintas Generasi dan Kelompok 
Dalam setiap program dan kegiatan yang dipimpinnya, Gietty menempatkan diri setara dan memberi ruang dan kesempatan yang adil bagi semua anggota tim untuk memaksimalkan potensi mereka, misalnya dalam penyelenggaraan Konferensi INUSHARTS, dalam tim Publikasi Internasional FIB UI dan program MOOCs. Selama menjadi akademisi dan administrator di kampus dan luar kampus, ia juga mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam program atau kegiatan.

Komunikator yang Efektif 
Gietty memiliki track record yang memperlihatkan keterampilannya dalam berkomunikasi secara efektif, termasuk ketika bekerja sama dengan mitra dengan budaya yang berbeda. Ia juga mampu membuat keputusan penting ketika dihadapkan pada tantangan, misalnya dalam program Joint Course dengan JICA Jepang, Mata Kuliah Pilihan dan MOOCs dengan TETO Taiwan, serta kerjasama mitra luar negeri lainnya, yang dirintis dan dikembangkan selama masa pandemi.

Pemimpin yang Adaptif dan Transformatif
Gietty mampu mengidentifikasi tantangan yang terdapat dalam perubahan yang terjadi secara cepat, serta membangun komunikasi dengan tim dalam menyusun dan melaksanakan rencana yang diperlukan. Kemampuan ini terlihat ketika ia memfasilitasi transisi dari luring ke daring (PJJ) di masa awal pandemi dan revisi kurikulum OBE dan MBKM. Semua program dan proyek yang ia tangani, mulai dari konsep atau proposal hingga pelaksanaan dan penyelesaian menghasilkan luaran/capaian yang maksimal dan memberikan dampak positif bagi institusi. Salah satu contoh program terbaru yang berhasil dilaksanakan adalah pendirian Academic Writing Centre FIB UI dengan dana bantuan RELO.