Sri Yona, SKPp, MN, PhD

About Me
Pandangan Publik

Comments

sriyona's picture

Sri Yona adalah dosen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI). Saya menyeelsaikan S1, Sarjana Keperawatan program reguler di Fakultas Ilmu Keperawatan UI tahun 1999. Saya juga melanjutkan S2 Keperawatan di College of Nursing and Health Sciences Flinders University, Flinders, Australia tahun 2005, dan selama kuliah mendapatkan beasiswa dari AusAid dan menyelesaikan kuliah Saya menyelesaikan pendidikan Doctor of Philosophy in Nursing Science di College of Nursing University of Chicago at Illinois, Chicago, Amerika Serikat tahun 2014.

Saat ini, Sri Yona adalah kepala Departemen Medikal Bedah, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Ketua Program Studi spesialis Medikal Bedah.

Selain memberikan pengajaran di kelas, Sri Yona juga telah melaksanakan  Tri Dharma Perguruan Tinggi PT lainnya yaitu melakukan berbagai penelitian, dan pengabdian masyarkat, terutama fokus pada HIV, perempuan dengan IDU, dan kesehatan reproduksi remaja. Sri Yona telah mendapatkan beberapa hibah penelitian ,baik dari internal UI maupun dari luar UI seperti dari Kemenristek DIKTI. Ditahun 2021, beliau melaksanakan penelitian tahun ketiga yang didanai oleh Kemenristek DIKTI, Hibah Penelitian Dasar Ungulan Perguruan Tinggi (PDUPT) dengan judul: Model Intervensi Peningkatan Kepatuhan Minum Obat Antiretroviral (ARV) pada Orang Hidup Dengan HIV (ODHA) dalam meningkatkan kualitas hidup di Lima    Provinsi dengan Prevalensi HIV Tertinggi di Indonesia

 

Sri Yona juga melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian Masyarakat. Misalnya ditahun 2020, mendapatkan hibah pengabdian masyarakat untuk melakukan kegiatan pengmas berupa edukasi pencegahan perilaku bebas remaja dalam mencegah perilaku seksual dini pada remaja, pada anak SMA di daerah Jakarta Timur. Kegiatan ini bertujuan uttuk membentuk role model peer educator, dari dan untuk remaja, sebagai upaya mencegah penularan HIV pada remaja, Kegiatan ini didanai oleh Kemenristek DIKTI, dengan judul proposal : Peer Educating Remaja Putri : Program “SHINTA” ( Sadar HIv/AIDS anTar Remaja).

 

Beliau juga telah mempublikasikan beberapa artikel di jurnal bertaraf internasional terindeks Scopus.Misalnya, artikel Gaining a “normal life”:  HIV-positive Indonesian female injection drug users in drug recovery, yang telah dipblikasikan di jurnal international, Journal of Ethnicity in Substance Abuse di tahun 2020. Beliau juga Penulis merupakan anggota Association of Nurses in AIDS Care. Selain publikasi, beliau juga aktif mengikuti conference ilmiah , baik dalam maupun luar negeri dan mempresentasikah hasil penelitian secara oral di konference tersebut.