Teguh Dartanto, Ph.D

About Me
Pandangan Publik

Comments

teguh.dartanto's picture

Teguh Dartanto merupakan Pejabat Dekan dan Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia sebelumnya menjabat Ketua Departemen Ilmu Ekonomi (2018-2020) dan Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi (2014-2018). Teguh telah melakukan berbagai inovasi dan transformasi dalam pengajaran serta pengelolaan Program Studi, Departemen Ilmu Ekonomi dan Fakultas sebagai upaya untuk merespon perkembangan Ilmu Pengetahuan, perkembangan dunia digital dan generasi milenial. Teguh menekuni penelitian di bidang Kemiskinan, Perlindungan Sosial, Pengendalian Rokok, Ekonomi Kesehatan dan Ekonomi Pembangunan. Hasil penelitian beliau diterbitkan di berbagai jurnal antara lain Lancet, Energy Policy, Bulletin of Indonesian Economic Studies, Applied Health Economics and Health Policy, Tobacco Control, the Singapore Economic Review, Journal of Southeast Asian Economies.

Selain itu, Teguh juga sangat aktif berkolaborasi dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri antara lain BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Australian National University, Nagoya University, Gottinengan University, Wageningen University, ADB, UBC-Canada, ERIA, UNDP, JICA and OECD. Sebelum menjadi dosen di FEB UI, Teguh bekerja sebagai peneliti di JICA Research Institute Tokyo Jepang tahun 2012-2013. Selain itu, Teguh juga aktif sebagai peneliti Senior LPEM FEB UI, Ketua Klaster Penelitian Bidang Kemiskinan, Perlindungan Sosial dan Ekonomi Pembangunan, Departemen Ilmu Ekonomi, FEB UI, affiliated researcher di CISDI dan PKJS SKSG UI. Berbagai aktifitas lainnya, Anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia, penerima Eisenhower Fellow 2017, Ketua Perkumpulan Program Studi Ilmu Ekonomi Indonesia dan pengelola TPA Ikhlasul Mahfudz. Beliau menghabiskan masa kecil sampai dengan SMA di Pati Jawa Tengah, menyelesaikan program S1 bidang Ilmu Ekonomi tahun 2002 di FEB UI, program S2 bidang Ekonomi tahun 2002 di Hitotsubashi University Jepang dan program S3 bidang Ekonomi Pembangunan tahun 2012 dari Nagoya University. 

FEB UI: Inklusif, Relevan dan Bereputasi for the Bright Future

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) berada di tengah perlintasan zaman. Beban sejarah kebesaran masa lalu dan peranan besar alumni di masa kini, memberikan tantangan besar bagi FEB untuk terus menegakkan dan mengukir sejarah-sejarah baru di masa depan. FEB UI harus selalu adaptif dan relevan menyiapkan diri menyongsong masa depan yang lebih cerah (bright future) tanpa harus meninggalkan sejarah (history) dan capaian/warisan (legacy). FEB UI harus dikembangkan dan berpijak pada nilai-nilai kebangsaan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 45 (PBNU), nilai UI: Veritas, Probitas, Iustitia serta 9 nilai UI, dan nilai-nilai filosofi pengelolaan FEB UI yaitu kemanusiaan, kesetaraan, kreatifitas, agility, kolaborasi dan lingkungan yang ramah.

Berdasarkan tata nilai tersebut, saya memimpikan FEB UI merupakan sebuah institusi yang Inklusif, Relevan dan Bereputasi. Inklusif, FEB UI adalah institusi yang memberikan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengenyam pendidikan berkualitas dan bekerja di FEB UI. Relevan, FEB UI adalah institusi terus bergerak, agile, beradaptasi dan berinovasi untuk selalu mengikuti perubahan lingkungan baik teknologi, ekonomi, bisnis, demografi, sosial budaya. Bereputasi (Reputable), FEB UI adalah institusi yang memiliki kredibilitas baik secara akademis maupun non-akademis baik di nasional maupun internasional. 

Untuk mencapai tujuan membangun FEB UI yang Inklusif, Relevan dan Bereputasi, maka berikut ini adalah Langkah-langkah strategis dan program yang akan dilakukan:

  1. Rencana Strategis #1: Excellence & Innovative Teaching and Learning.
  2. Rencana Strategis #2: Quality and Impactful Research.
  3. Rencana Strategis #3: Community and Industrial Engagement.
  4. Rencana Strategis #4: Pengembangan Sumber Daya Manusia
    1. Pengembangan SDM Dosen melalui Bantuan Pendidikan Dosen S3;  Dosen Kontrak/Post-Doctoral Fellow; Dosen NIDK: Diaspora & Profesional. Faculty Academy: Career & Development Center; Dosen Asing; Pensiun Sukarela.
    2. Pengembangan SDM Kependidikan melalui Efisiensi Tenaga Kependidikan; Upgrading Kapasitas Tenaga Kependidikan;  Program Bantuan Sekolah S2; Rekrutmen Tendik Profesional; Pensiun Sukarela.
    3. Pengembangan Mahasiswa melalui FEB UI Rumah Bersama (jaminan kebebasan dan kemerdekaan); FEB UI Industry Ready; Student Wellness Center.
  5. Rencana Strategis #5: Perbaikan Sistem & Organisasi. 
  6. Rencana Strategis #6: Sumber Daya Pendanaan & Kolaborasi N-Helix.

Berdasarkan pengalaman yang saya miliki bekerja di dalam dan luar kampus, jaringan akademik, bisnis dan pemerintahan serta karakter transformational leader yang saya miliki, saya yakin dapat membawa FEB UI the next level of excellence, mendukung pencapaian UI sebagai entrepreneur university dan akan mencetak legacy-legacy baru FEB UI di masa mendatang.