Dr. Mira Asmirajanti, S.Kp., M.Kep

About Me
Pandangan Publik

Comments

ucancallmemira@gmail.com's picture

Saya, Mira Asmirajanti adalah seorang perawat lulusan pendidikan Doktor dari Universitas Indonesia pada tahun 2019. Pendidikan perawat saya diawali dari Akademi Keperawatan Departemen Kesehatan RI lulus tahun 1991. Pendidikan Strata-1 saya diselesaikan pada tahun 1998 dari Universitas Padjajaran dan pendidikan magister diselesaikan pada tahun 2005 dari Universitas Indonesia. Saya juga telah menyelesaikan pendidikan AKTA III pada tahun 1993 dari IKIP Bandung dan AKTA IV pada tahun 2002 dari Universitas Terbuka.

Motivasi saya untuk menjadi calon Dekan terutama panggilan hati sebagai praktisi dan akademisi untuk berkonstribusi terhadap pengembangan Fakultas yang sudah baik menjadi semakin baik ke depannya. Saya memiliki keyakinan dan harapan besar agar FIK UI tercinta dapat lebih berperan dalam meningkatkan Profesionalisme keperawatan dan kualitas kesehatan masyarakat.

Saya sejak tahun 2012 sampai sekarang merupakan seorang dosen di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Esa Unggul dan pernah diamanahi sebagai Ketua Program Studi. Saya telah memiliki beberapa hasil publikasi ilmiah, HAKI dan tengah memproses Paten. Sebelumnya saya juga sempat menjadi dosen di Malaysia dan sebagai praktisi di RS Al Islam. Di RS Al Islam, saya diberikan amanah untuk menjadi Kepala Seksi Keperawatan, Kepala Bidang Keperawatan, Kepala Instalasi Rawat Inap, Sekretaris Komite Keperawatan, dan Kepala Instalasi Diklalit. Selama bekerja di RS Al Islam saya juga terlibat dalam berbagai kepanitiaan mulai dari panitia program kerja dan anggaran, akreditasi rumah sakit. Pengalaman pekerjaan lain, saya dapatkan juga dari SPK/ AKPER Aisyiyah Bandung, dimana saya selain menjadi pengajar juga terlibat dalam proses konversi dari SPK ke AKPER dan menjadi penanggung jawab kurikulum. RS Jantung Harapan Kita dan RS Muhammadiyah merupakan awal karir saya sebagai perawat.

Selain mengikuti pendidikan formal untuk menunjang pekerjaan dan perkembangan jaman, Saya juga mengikuti berbagai pelatihan agar keilmuan saya terus ter-update, seperti pelatihan kurikulum Ners berbasis kompetensi, effective communication & coaching, MQA mapping Program, asesor kompetensi tenaga kesehatan dan sertifikasi kompetensi, Profesi keperawatan merupakan ilmu praktis, dimana salah satu pelanggannya adalah rumah sakit sehingga untuk meningkatkan wawasan saya mengikuti International Society for Quality in Health Care (ISQua), Konsultan Manajemen Kesehatan (KMK), studi banding ke Universitas Luar Negeri serta banyak pelatihan lain yang telah diikuti. Saya juga harus membuat network dengan teman profesi perawat lain di luar tempat kerja. Saya bergabung dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Komisi Akreditasi RS, dan Koperasi Nasional Perawat Indonesia.

Semua yang sudah saya lakukan tidak terlepas dari dukungan yang diberikan kedua orang tua saya Ibu Siti Ajum Resmana dan Almarhum Bapak Abdul Sjukur Muchtar, kakak serta adik saya. Dukungan juga saya dapatkan dari suami saya, Bapak Wahyu Tamly serta anak-anak saya yaitu Ibrahim Rizky, Ibrahim Hanif, Ibrahim Alara dan Saarah Aqila.