Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S,T,, M.Kom.

About Me
Pandangan Publik

Comments

wisnuj's picture

Wisnu Jatmiko merupakan salah satu staf akademik di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Wisnu memperoleh gelar Sarjana Teknik dan gelar Magister Komputer, dari Universitas Indonesia masing-masing pada tahun 1997 dan 2000. Pada tahun 2007, Wisnu menerima gelar Dr. Eng. dari Micro-Nano System Engineering, Nagoya University, Jepang; dan mulai September 2017, menjadi Guru Besar di Fakultas Ilmu Komputer UI.

 

Wisnu pernah mengemban amanah sebagai Koordinator Program Magister dan Doktor Ilmu Komputer, pada 2017-2020, dan juga sebagai Manajer Riset di Fakultas Ilmu Komputer, selama dua periode dari 2009-2017 (Periode I : 2009-2013 dan Periode II : 2013-2017). Dalam kegiatan organisasi, beliau aktif terlibat sebagai General Chair atau Program Chair dalam International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems / ICACSIS (terindeks scopus, tahun ini adalah tahun ketiga belas) dan International Workshop on Big Data and Information Security / IWBIS (terindeks scopus dan dblp, tahun ini adalah tahun ke enam), dari tahun 2009 hingga sekarang.

 

Selain aktif dalam kegiatan internal. Wisnu juga turut menjadi bagian dari IEEE Indonesia Section. Wisnu pernah menjabat sebagai Ketua The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Section periode 2019 dan 2020. Selama bergabung dengan IEEE Indonesia Section, Wisnu memberikan kontribusi yang signifikan. Wisnu memberikan pelayanan yang baik termasuk mempopulerkan IEEE kepada banyak orang dengan mengadakan berbagai kegiatan untuk mahasiswa, akademisi, dan industri, serta meningkatkan kualitas konferensi di Indonesia. Dalam masa pengabdian tersebut, Wisnu menerima penghargaan sebagai “An outstanding member recruitment and retention performance award” untuk tahun 2019 dan 2020, dari IEEE Pusat, USA. Pada tahun 2020, IEEE Indonesian Section menerima penghargaan sebagai Outstanding Section atas pencapaiannya pada Project ‘Reaching Locals’ yang diselenggarakan oleh IEEE Asia-Pacific Region (R10). Saat ini Wisnu, masih aktif sebagai advisory board IEEE Indonesia Section.

 

Sebagai profesor di bidang Kecerdasan Buatan dan Robotika, Wisnu merupakan salah satu peneliti produktif di Fakultas Ilmu Komputer. Dengan kinerja yang maksimal, Wisnu menyelesaikan beberapa proyek penelitian dengan dana pengelolaan lebih dari 15 miliar rupiah (dalam lima tahun terakhir). Alhasil, hingga saat ini, Wisnu berhasil mempublikasikan sekitar 210 publikasi di Jurnal dan Prosiding yang terindeks SCOPUS. Publikasi tersebut mengantarkannya mencapai H-index 19 di database SCOPUS. Selain itu, Wisnu juga mendokumentasikan hasil penelitian dalam buku dan bahan ajar.

 

Selain berkontribusi dalam penelitian, Wisnu terlibat aktif dalam pengabdian masyarakat dan beberapa konsorsium penelitian. Wisnu telah berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat untuk mengembangkan taman bacaan, aplikasi robot seluler untuk siswa sekolah menengah, analitik data besar, dan sistem informasi zakat, serta beberapa topik lain yang terkait dengan kecerdasan buatan dan robotika. Wisnu menjadi bagian dari konsorsium yang menghasilkan beberapa hak cipta dan prototipe seperti robot pencarian sumber gas beracun, sistem Lampu Lalu Lintas cerdas, tele-EKG pintar portabel, dan aplikasi tele-USG yang inovatif. Karya-karyanya tersebut telah mengantarkan Wisnu untuk mendapatkan penghargaan diantaranya Penghargaan Research and Development ICT Asia Pasifik (2014), Duta Ilmu Pengetahuan Nasional 2014 (Widyasilpawijana), Habibie Award (2015) di bidang teknik, 107 Calon Inovasi di Indonesia (2015), 100 penulis teratas Indeks Sains dan Teknologi (2017), University Research Achievement di Universitas Indonesia (2006-2016 setiap tahun), dan masih banyak lagi.

 

Dari sisi interpersonal, Wisnu merupakan pribadi yang terorganisir serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Wisnu memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi dalam mengelola tugas dan amanah yang diterima.

" Klik disini untuk Info Profile dan Program Kerja- Lengkap"
https://linktr.ee/wj4f1