Prof. Dra. Evi Fitriani, MA, PhD.

About Me
Pandangan Publik

Comments

evi.fitriani09's picture

Saya, Evi Fitriani, adalah Guru Besar ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia yang mulai menjadi staf akademik FISIP UI sejak 1996. Saya menjadi ketua Departemen HI FISIP UI tahun 2012 sampai 2016. Saat ini saya juga menjadi Kepala Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI, anggota Dewan Pengarah ASEAN Study Center FISIP UI, Asesor BAN PT, Anggota Dewan Redaksi Jurnal Global, Anggota Dewan Redaksi Journal of East Asian Policy (NUS), dan Country Coordinator, NEAT Indonesia (Track 2 ASEAN plus Jepang, China, dan Korea).  Sebelumnya, saya ikut mendirikan sekaligus kepala pertama Kantor Internasional (International Office) UI (2003-2005) dan mejadi Sekretaris Senat Universitas Indonesia (2011-2012). 

Saya menyelesaikan Program Sarjana di Departemen HI FISIP UI tahun 1993; program master pertama di Leeds University, United Kingdom, tahun 1994; program master kedua di Ohio University, USA, tahun 1995; dan PhD program di Australian National University (ANU) tahun 2011. Sejak 1993, saya menerima 18 beasiswa/hibah internasional, termasuk Fulbright scholarship dari Pemerintah AS, British Chevening Award dari Pemerintah Inggris,  Australian Development Scholarship (ADS) dari Pemerintah Australia, EU Visiting Fellow dan Jean Monnet Network Fund dari Uni Eropa, SIDA grant dari Pemerintah Swedia, dst. 

Saya mengelola dan mengkoordinir berbagai proyek riset internasional lintas disiplin, program pengajaran, kelas kolaborasi internasional, konferensi, atau workshop nasional dan internasional sejak 1996 sampai sekarang. Pengalaman Kerjasama Akademik Internasional saya mencakup: sebagai ketua atau anggota tim peneliti, visiting Professor di Meiji University, Tokyo; penguji disertasi doktor di University of Leuven, Belgia, dan Griffith University, Australia; article reviewer di berbagai jurnal internasional Q1 sampai Q3; dan menjadi dosen tamu di berbagai universitas di Australia, Jepang, Malaysia, Singapore, Korea, China, Philipines, Timor Leste, Myanmar, Belanda, dan Belgia.

Minat riset saya meliputi regionalisme, kebijakan luar negeri Indonesia, institusi internasional, ASEAN, Uni Eropa, dan hubungan Indonesia-Australia. Publikasi ilmiah saya di jurnal Pacific Review, Contemporary Southeast Asia, Journal of Contemporary East Asia Studies, Asia-Europe Journal, dll; 13 internasional book chapters; dan satu buku internasional yang diterbitkan ISEAS Singapore (2014). 

Saya siap menjadi Dekan FISIP UI masa bakti 2021-2025. Motto saya, Enhancing Resilience, Achieving Excellence.