Siti Nuryanah

About Me
Pandangan Publik

Comments

siti.nuryanah's picture

Untuk versi video silakan klik: https://bit.ly/sitinuryanahbiografi (like and comments yaa....)
Research interests and portfolios:
https://scholar.ui.ac.id/en/persons/siti-nuryanah

https://bit.ly/SitiNuryanah_GScholar 

https://bit.ly/SitiNuryanahTube
===

Hai…saya Siti Nuryanah, dilahirkan di Jakarta, 21 Oktober 1979. Orang tua saya tercinta adalah Allahyarhamhum Ibu Laminah dan Bapak Zakaria. Saya anak ke2 dari 5 bersaudara, menikah dengan Toto Aditama dan memiliki seorang anak: Nabila. Hobi saya bersepeda..karena bersepeda itu menyenangkan,murah dan bebas polusi

Lulus dari SMPN 48 Kebayoran Lama dan sekolah unggulan SMUN 70 Bulungan Jakarta Selatan, saya meneruskan ke Akuntasi UI tahun 1997 dan menjadi bagian Gerakan Mahasiswa pada saat reformasi 1998.

Saya memperoleh S2 saya dari Pasca Sarjana Ilmu Manajemen UI dengan mendapat beasiswa dari UI dan meraih Master of Business in Accounting dari Victoria University, Melbourne, Australia melalui beasiswa AUSAID dan menyelesaikan PhD saya di bidang Accounting and Finance di univeritas yang sama.

Selama 8 tahun di Australia saya banyak menimba ilmu dan mencari pengalaman. Di Victoria University saya juga tercatat sebagai Lecturer in Accounting, Research Ambassador of Victoria University, dan Researcher di bawah institusi FERU Financial Education Research Unit dan VISES Victoria Institute of Strategic Economic Studies. 
Saya sempat direkrut oleh top business school di Australia yaitu Monash Business School untuk mengajar Master degree dan Bachelor degree. Sampai saat ini saya masih berkomunikasi secara aktif dengan para kolega dan Professors saya baik di Victoria University maupun Monash University

Sekembalinya dari Melbourne, saya kembali ke Universitas Indonesia. Saya telah mengajar di UI sejak mahasiswa dengan menjadi asisten dosen. Saya resmi menjadi staff UI pada tahun 2007. Dalam lima tahun terakhir, selain mengajar dan meneliti, saya ditugaskan pada posisi manajerial dimana pada tahun 2018 saya menjadi Wakil Direktur, Direktorat Akuntansi, Universitas Indonesia. Saya bertugas mengoordinasikan semua Unit Kerja Khusus (UKK) di Universitas Indonesia untuk menyampaikan laporan keuangannya secara tepat waktu sehingga laporan keuangan Universitas menjadi tepat waktu dan complete. Di bawah pengawasan Direktur Akuntansi, saya juga berkoordinasi dengan para fakultas dan sekolah untuk melakukan perhitungan kembali Student Unit Costs (SUC) sebagai dasar biaya pendidikan di UI.

Pada Maret 2020, saya diminta untuk menjadi manajer pelatihan di salah satu UKK FEB UI yaitu Pusat Pengembangan Akuntasi (PPA). Sebagai manajer pelatihan, saya memiliki visi bahwa di masa depan PPA FEB UI dapat menjangkau peserta lebih besar lagi bahkan seluruh Indonesia dan dunia (targetnya adalah para spouse yang menemani suami/istrinya yang sedang kuliah di LN dan para diaspora Indonesia), yaitu dengan cara online dan berbasis elektronik/digitalisasi/IT. Pandemi COVID-19 menjadi momentum untuk dilakukannya percepatan pengembangan sistem e-learning untuk pelatihan dimana sistem saya dikenal dengan SiMPEL (Sistem Manajemen Pembelajaran berbasis Elektornik) ini diluncurkan tepat saat di awal pandemi. Metode pelatihan baru berbasis e-learning ini memungkinkan PPA FEB UI untuk memberikan layanan pelatihannya secara berkesinambungan. Bahkan saat ini, pesertanya dapat berasal dari seluruh Indonesia (sebelumnya cakupan pelatihan hanya untuk Jabodetabek).

Dalam mengajar, saya menerapkan konsep blended learning dan flipped class dan menyiapkan video pembelajaran sehingga mahasiswa dapat menjadi lebih aktif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Saya juga terlibat aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat terutama melalui lembaga PPA FEB UI. Research interests saya adalah di bidang Corporate Governance, Tax dan Finance. Saya tercatat sebagai salah satu ekonom muda dan 100 ekonom perempuan Indonesia. Saya juga memberikan professional advisories sebagai komite audit di dua perusahaan.

Demikian perkenalan singkat saya. Semoga kita bisa bekerja sama dan berkolaborasi dalam segala kebaikan demi kemajuan bersama dan demi Indonesia.
Bagi yang tertarik dengan penelitian-penelitian dan pengajaran saya dapat dilihat pada tautan berikut ini.
Terima kasih....
Salam
Siti
--------

https://scholar.ui.ac.id/en/persons/siti-nuryanah

https://bit.ly/SitiNuryanah_GScholar 

https://bit.ly/SitiNuryanahTube