Dr Tito Latif Indra, S.Si, M.Si

About Me
Pandangan Publik

Comments

tito.latif's picture

Tito Latif lahir merupakan anak bungsu dari 8 bersaudara. Lahir di Jakarta 10 Agustus 1975 dari pasangan H.M. Abubakar dan Nyimas Hawatiah. Almarhum ayahanda dahulu bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan ibu saya sebagai Kepala Sekolah Pendidikan Dasar Negeri di DKI Jakarta. Selepas menyelesaikan sekolahnya di SMA Negeri 1 Kota Depok pada tahun 1993, saya melanjutkan pendidikan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Departemen Geografi, Universitas Indonesia. Selama 5 tahun berkuliah lalu  memperoleh gelar sarjana di bidang Geografi di tahun 1998. Seteleh lulus, ia mengabdikan diri menjadi Peneliti di Pusat Penelitian Geografi Terapan FMIPA UI sampai akhirnya di tahun 2000 saya melanjutkan studi pada Magister Ilmu Geografi di Departemen Geografi, FMIPA UI dan lulus di tahun 2002 dengan predikat cum laude. Pada tahun 2003, merupakan kiprah awal menjadi dosen dengan status dosen BHMN dan di tahun 2009 saya diangkat menjadi dosen PNS.

Tito Latif Indra menikah dengan Dini Mirna Pujiastuti pada tanggal 3 September 2000 di Kota Sukabumi. Dini merupakan alumni FMIPA UI dari Departemen Kimia. Dari pernikahan ini dikaruniai tiga orang anak yang Sharfina Nabila Indra, Sharfira Azzahra Indra, dan Muhammad Fadli Indra.

Di sela kesibukan antara tahun 2003-2008, saya menghabiskan waktu sebagai Penelaah buku teks bidang geografi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta melakukan penelitian mengenai kerentanan sumber daya air di Sungai Citarum. Pada tahun 2008 saya melanjutkan studi Program Doktoral di Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia dan lulus di tahun 2013.

Pengalaman manajerial yang pernah saya jalani, sebagai Koordinator Kemahasiswaan Departemen Geografi, Koordinator Penelitian Departemen Geografi FMIPA UI, Manager Kerja sama, Ventura, Kemahasiswaan dan Alumni, dan Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia. Selain itu juga  berperan aktif sebagai pengurus organisasi profesi Ikatan Geografi Indonesia (IGI) dan sebagai Ketua Komite SMA Negeri 1 Kota Depok.